RSS

tell the world that you`re ...

tell the world that you`re ...
a strong person. talk louder, feel deeper. yes, you can!!

Mengubah Kelinci Menjadi Rupiah



Kebutuhan daging Indonesia saat ini sudah semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum jika harga daging saat ini semakin tidak terjangkau lagi, khususnya daging sapi. Hal ini membuat rakyat menengah ke bawah tentunya semakin kesulitan menjangkau harga daging yang semakin hari semakin melambung.
Untuk itu, salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan akan daging adalah dengan mencari sumber protein hewani lain. Salah satu yang dapat menjadi pertimbangan adalah daging kelinci. Kelinci dapat dijadikan salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai penghasil daging yang tinggi protein namun rendah kandungan lemak dan kolesterol jika dibandingkan dengan daging lain, kambing dan ayam misalnya.
Dengan kemampuan biologis kelinci yang tinggi serta dapat tumbuh dan berkembang biak dengan cepat membuat kelinci memiliki potensi yang sangat baik untuk dikembangkan. Budidaya kelinci saat ini memang belum terlalu dilirik oleh para pengusaha peternakan. Namun mengingat kandungan gizi dalam daging kelinci dan harganya yang lebih murah tentunya hal ini dapat dijadikan referensi para pengusaha peternak untuk menjadikan kelinci sebagai sumber penghasilan yang menjanjikan di masa depan.
Sistem pemeliharaan kelinci juga tergolong mudah jika dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin membuat kelinci menjadi salah satu sumber penghasilan yang menjanjikan,
1.     Pemberian pakan
Pakan yang diberikan sebaiknya terdiri dari hijauan dan pellet. Pakan hijauan dapat diberikan pada siang dan sore hari. Sedangkan pellet dapat diberikan pada pagi hari setelah kandang dibersihkan. Pemberian pakan yang bervariasi akan membuat kelinci tidak akan bosan dan tentunya meningkatkan palatabilitas kelinci. Jenis hijauan yang diberikan dapat berupa rumput lapang atau jika mau dapat diberikan sayuran, seperti kangkung, wortel atau sayuran hijau lainnya.
2.     Kandang kelinci
Kandang dibuat senyaman mungkin sehingga tidak melukai kelinci dan tidak mengganggu aktifitas kesehariannya. Kandang dibuat model panggung sehingga memudahkan ketika membersihkannya. Kandang dilengkapi dengan tempat pakan dan minumnya. Jika ingin lebih praktis, tempat minum dapat berupa nipple yang bisa dibuat sendiri atau dapat dibeli di pet shop terdekat. Kandang kelinci dapat dibuat dari bamboo untuk menghemat pengeluaran.
3.     Sistem perkawinan
Perkawinan kelinci dimulai dengan pemeriksaan alat kelamin betina yang akan nampak kemerahan. Salah satu tips agar kelinci mau kawin adalah memasukkan kelinci betina ke dalam kandang kelinci jantan. Jangan pernah memasukkan kelinci jantan ke dalam kandang kelinci betina karena perkawinan tidak akan terjadi.
4.     Pemeriksaan kebuntingan
Pemeriksaan kebuntingan menjadi salah satu yang perlu diperhatikan. Karena kelinci merupakan salah satu hewan yang dapat mengalami bunting semu atau kondisi fisiknya yang terlihat sedang bunting namun kenyataanya tidak. Pemeriksaan kebuntingan dapat dilakukan 10-15 hari setelah dikawinkan. Kelinci yang bunting akan terlihat besar pada bagian perutnya, putingnya yang semakin terlihat dan terdapat benjolan-benjolan seperti kelereng jika dilakukan perabaan pada perut kelinci atau disebut dengan palpasi abdominal.
5.     Kesehatan
Kelinci merupakan salah satu hewan yang rentan penyakit scabies. Penyakit ini akan muncul jika kandang kelinci jarang dibersihkan. Untuk menjaga kesehatan kelinci, perlu diberikan suntik vitamin seminggu sekali. Pengecekan yang dilakukan berkala juga dapat menghindarkan kelinci dari penyakit lainnya.
6.     Sanitasi kandang
Sanitasi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menghindarkan kelinci dari penyakit, selain itu dengan adanya sanitasi membantu anda mengawasi keadaan kelinci setiap harinya. Sanitasi sendiri sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore hari. Bukan hanya kandang yang bersih namun juga perlu diperhatikan pula sisa pakan di dalam kandang. Sisa pakan dari hari sebelumnya dapat dibuang agar kelinci mendapatkan pakan yang fresh.

Demikianlah cara mengubah kelinci anda menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 it`s my story.... All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates